Senin, 09 November 2009

                               physical layer

Layer Fisik adalah yang pertama dan terendah dalam tujuh lapisan-lapisan model OSI jaringan komputer.

Layer Fisik terdiri dari perangkat keras dasar teknologi transmisi jaringan. Ini adalah lapisan dasar yang mendasari struktur data logis dari fungsi tingkat yang lebih tinggi dalam sebuah jaringan. Karena kebanyakan teknologi perangkat keras yang tersedia dengan sangat beragam karakteristik, ini mungkin merupakan lapisan yang paling kompleks dalam arsitektur OSI. Pelaksanaan lapisan ini sering disebut PHY.

Fisik Layer mendefinisikan cara-cara penularan bit mentah daripada paket data logis melalui link fisik jaringan yang menghubungkan node. Aliran bit dapat dikelompokkan ke dalam kode kata-kata atau simbol-simbol dan diubah menjadi sinyal fisik yang dikirim melalui medium transmisi hardware. Layer Fisik menyediakan listrik, mekanik, dan prosedural interface ke medium transmisi. Bentuk dan sifat dari konektor listrik, frekuensi untuk disiarkan, skema modulasi untuk menggunakan dan serupa tingkat rendah parameter, ditentukan di sini.

Dalam semantik arsitektur jaringan OSI, Layer Fisik komunikasi logis menerjemahkan permintaan dari Data Link Layer ke hardware-operasi khusus untuk efek transmisi atau penerimaan sinyal elektronik.


 Switch jaringan (atau switch untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC).
Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.
Switch dapat dikatakan sebagai multi-port bridge karena mempunyai collision domain dan broadcast domain tersendiri, dapat mengatur lalu lintas paket yang melalui switch jaringan. Cara menghubungkan komputer ke switch sangat mirip dengan cara menghubungkan komputer atau router ke hub. Switch dapat digunakan langsung untuk menggantikan hub yang sudah terpasang pada jaringan.




Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) pada model OSI.









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar